Kamis, 06 Desember 2012

Tentang Sugar Glider

Sugar Glider atau Petaurus Breviceps yang artinya pendek bekepala menari tari, adalah Omnivora arboreal possum milik marsupial infraclass. Nama umumnya mengacu pada preferensi makanan manis dan kemampuan meluncur melalui udara, banyak yag bilang seperti Tupai terbang, padahal tidak.

Sugar Glider asli timur dan utara daratan Australia, dan diperkenalkan di Tazmania. Hal ini juga berasal dari dari berbagai pulau di wilayah tersebut.




Sugar glider dapat ditemukan di seluruh bagian utara dan timur daratan Australia, dan di Tasmania, Papua Nugini dan pulau-pulau terkait beberapa, dan pulau-pulau tertentu Indonesia dan Kepulana Bismarck . Sugar Glider diperkenalkan ke Tasmania pada tahun 1835. Hal ini didukung oleh adanya sisa-sisa kerangka di deposito tulang subfossil dan kurangnya Aborigin Tasmania nama untuk hewan.

Mereka dapat ditemukan di hutan manapun di mana ada adalah pasokan makanan yang cocok, tetapi sebagian besar biasanya ditemukan di hutan dengan pohon-pohon eucalyptus. Mereka termasuk nokturnal, mereka pun tidur di siang hari dan beraktivitas di malam hari.


Selama malam mereka berburu serangga dan kecil vertebrata , dan makan manis. 
Mereka arboreal, menghabiskan sebagian besar hidup mereka di pohon-pohon. Bila cocok pada habitat yang hadir, sugar glider dapat dilihat 1 per 1.000 meter persegi, asalkan ada pohon tersedia untuk berlindung.

Para Sugar Glider memiliki tubuh dengan panjang parsial (lemah) ekornyapun dapat memegang .Para laki-laki lebih besar daripada betina dan memiliki botak di kepala mereka dan perut (seperti pitak), panjangnya dari hidung hingga ujung ekor adalah sekitar 24 sampai 30 cm (12-13 inci, tubuh itu sendiri adalah sekitar 5-6 inci. ). Seekor Segar Glider memiliki tebal bulu seperti mantel yang biasanya berwarna biru-abu-abu, beberapa telah dikenal menjadi kuning, cokelat, atau albino . Sebuah garis hitam terlihat dari hidung hingga tengah dari punggungnya. Perut, tenggorokan, dan dada adalah krim dalam warna.
Menjadi nokturnal, mata yang besar membantu untuk melihat malam hari (warna biru dan hijau) dan telinga putar untuk membantu menemukan mangsa dalam kegelapan.
Ini memiliki lima digit pada masing-masing kaki, masing-masing memiliki cakar, kecuali untuk kaki opposable pada kaki belakang. Juga pada kaki belakang, angka kedua dan ketiga yang sebagian syndactilous (menyatu bersama-sama), membentuk sisir perawatan. Fitur yang paling mencolok adalah patagium, atau membran, yang memanjang dari jari kelingking ke kaki pertama. Ketika kaki terentang, membran ini memungkinkan Sugar Glider untuk meluncur jarak yang cukup jauh.
Ada empat kelenjar bau, terletak frontal (dahi), sternal (dada), dan dua paracloacal (terkait dengan, tetapi bukan bagian dari kloaka) ini digunakan untuk tujuan menandai, terutama oleh laki-laki. Kelenjar frontal mudah dilihat pada laki-laki dewasa sebagai botak. Laki-laki juga memiliki dua penis bercabang. Betina memiliki marsupium (kantong) di tengah perutnya untuk membawa anaknya.

Data rata-rata 
  • Kepala-badan panjang: 170 mm (160-210) mm
  • Tail panjang: 190 mm (165-210) mm
  • Berat, laki-laki: 140 gram (115-160) g, perempuan: 115 gram (95-135) g
  • Denyut jantung: 200-300 denyut per menit, respirasi: 16-40 napas per menit 
  • Umur: dalam, liar hingga 9 tahun, biasanya sampai dengan 12 tahun di penangkaran,  di kebun binatang, maksimum dilaporkan adalah 17,8 tahun. 


Gliding
Sugar Glider adalah salah satu dari sejumlah volplane (meluncur) posum di Australia. Ini kemampuan luar biasa untuk meluncur dicapai melalui flaps atau selaput kulit longgar (patagia) yang memperpanjang antara jari kelima masing-masing tangan dengan jari pertama dari masing-masing kaki. Hewan meluncurkan diri dari pohon, menyebarkan kaki untuk mengekspos membran meluncur. Hal ini menciptakan sebuah aerofoil memungkinkan mereka untuk meluncur 50 meter atau lebih.  ini seperti pesawat meluncur dengan mengubah kelengkungan membran atau memindahkan kaki dan ekor.
Bentuk gerak arboreal biasanya digunakan untuk perjalanan dari pohon ke pohon, spesies jarang turun ke tanah. Gliding berfungsi sebagai cara yang efisien baik makanan menemukan dan predator menghindari.


Mati Suri
Selama kekeringan, musim dingin, atau malam hujan, aktivitas sugar glider yang berkurang. Hewan bahkan mungkin menjadi tidak bergerak dan tidak responsif karena mati suri . Hal ini berbeda dari hibernasi dalam ketumpulan yang biasanya siklus jangka pendek setiap hari. Pada musim dingin atau kekeringan, ada penurunan pasokan makanan, yang merupakan tantangan bagi berkantung ini karena biaya energi untuk pemeliharaan nya metabolisme, gerak, dan termoregulasi . Dengan kendala energik, sugar glider akan masuk ke ketumpulan harian untuk 2-23 jam sementara di fase istirahat.  Namun, sebelum masuk mati suri, sugar glider akan mengurangi aktivitas dan suhu tubuh normal untuk pengeluaran energi yang lebih rendah dan menghindari mati suri . 
Mati suri, yang dipandang sebagai langkah darurat, menghemat energi untuk hewan dengan memungkinkan suhu tubuhnya jatuh ke minimal 10,4 ° C (50,7 ° F) menjadi 19,6 ° C (67,3 ° F). Ketika makanan langka, seperti di musim dingin, produksi panas diturunkan untuk mengurangi pengeluaran energi. Dengan energi yang rendah dan produksi panas, penting bagi sugar glider ke puncak massa tubuh sebesar kandungan lemak di musim gugur (Mei / Juni) untuk bertahan hidup musim dingin berikutnya. Di alam liar, sugar glider masuk ke ketumpulan sehari-hari lebih sering daripada sugar glider di penangkaran.

Diet dan nutrisi
Sugar Glider musiman disesuaikan omnivora dengan berbagai macam makanan dalam diet mereka. Di musim panas mereka  terutama tetangga , dan di musim dingin ketika serangga langka, mereka sebagian besar exudativorous (makan permen karet akasia, kayu putih getah, manna , melon atau lerp ). Mereka adalah pengumpan oportunistik dan dapat karnivora (memangsa sebagian besar pada kadal dan burung kecil), dan makan makanan lain bila tersedia, seperti nektar, biji akasia, telur burung, serbuk sari, jamur, dan buah-buahan asli.
Dalam penangkaran, mereka bisa menderita kalsium kekurangan jika tidak diberi makanan yang memadai. Sebuah kekurangan kalsium dalam diet menyebabkan tubuh untuk lintah kalsium dari tulang, dengan kaki belakang pertama yang menunjukkan disfungsi terlihat. Kalsium untuk fosfor rasio harus 2:1 untuk mencegah hypocalcemia , kadang-kadang dikenal sebagai kelumpuhan kaki belakang ( HLP). Diet mereka harus serangga 50% ( usus-load ) atau sumber protein, buah 25% dan sayuran 25%. [27] Beberapa diet lebih diakui adalah Leadbeaters Bourbon Modified (BML),  Tinggi Protein Wombaroo (HPW) dan diet kalsium yang kaya dengan berbagai Campuran Leadbeaters (LBM).


Reproduksi

  Usia kematangan seksual pada sugar glider sedikit bervariasi antara pria dan wanita. Para laki-laki mencapai kematangan pada 4 sampai usia 12 bulan, sementara perempuan membutuhkan dari 8 sampai 12 bulan. Di alam liar, sugar glider berkembang biak sekali atau dua kali setahun tergantung pada kondisi iklim dan habitat, sementara mereka dapat berkembang biak beberapa kali setahun di penangkaran sebagai akibat dari kondisi hidup yang konsisten dan diet yang tepat.
Seorang wanita sugar glider melahirkan satu (19%) atau dua (81%) bayi (Joey) per litter. Masa kehamilan adalah 15 sampai 17 hari, setelah itu joey kecil (0,2 g) akan merangkak ke kantong ibu untuk pengembangan lebih lanjut. Mereka lahir dengan busur yang terus menerus tulang rawan di sabuk bahu mereka untuk memberikan dukungan untuk naik ke kantong. Struktur ini rusak segera setelah lahir. 
Hal ini hampir tidak terlalu mencolok bahwa perempuan hamil sampai setelah joey telah naik ke dalam kantong dan mulai tumbuh, membentuk benjolan di kantong nya. Setelah di kantong, yang joey akan menempelkan dirinya ke puting ibunya, di mana ia akan tinggal selama sekitar 60 sampai 70 hari. Ibu bisa hamil, sementara Joey nya masih ip (di kantong) dan tahan kehamilan sampai kantong tersebut tersedia. The joey secara bertahap menciprat dari kantong sampai jatuh keluar sepenuhnya. Ini muncul hampir tanpa bulu, dan mata akan tetap ditutup selama 12-14 hari. Selama waktu ini, joey akan mulai matang oleh tumbuh bulu dan meningkat secara bertahap dalam ukuran. Dibutuhkan sekitar dua bulan untuk keturunannya harus benar-benar disapih , dan pada empat bulan, glider muda sendiri.


Sosialisasi
Sugar Glider adalah hewan yang sangat sosial. Mereka hidup dalam kelompok keluarga atau koloni yang terdiri dari hingga delapan orang dewasa, ditambah musim saat masih muda, semua berbagi sarang dan mempertahankan wilayah mereka, contoh membantu di sarang . Mereka terlibat dalam perawatan sosial , yang selain meningkatkan kebersihan dan kesehatan, membantu koloni obligasi dan membangun identitas kelompok.
Seorang pria dewasa yang dominan akan menandai wilayah dan anggota kelompok dengan air liur dan aroma yang dihasilkan oleh kelenjar terpisah pada dahi dan dada. Penyusup yang tidak memiliki aroma yang tepat menandai dikeluarkan keras. Setiap koloni membela sebuah wilayah sekitar 2,5 hektar di mana pohon-pohon eucalyptus menyediakan sumber makanan pokok.Dalam koloni, biasanya tidak ada pertempuran terjadi di luar mengancam perilaku.

Konservasi


Sugar Glider tidak dianggap terancam , dan peringkat konservasi adalah "Least Concern (LC)" pada Daftar Merah IUCN .  Meskipun kehilangan habitat alami di Australia selama 200 tahun terakhir,mereka bisa beradaptasi dan mampu hidup di patch kecil dari sisa-sisa semak, terutama jika tidak harus melintasi hamparan lahan luas yang dibuka untuk menjangkau mereka. Namun, beberapa kerabat dekat yang terancam punah, khususnya Possum Leadbeater ini dan Glider Mahogany .
Konservasi di Australia yang berlaku pada tingkat federal, negara bagian dan lokal, di mana sugar glider dilindungi sebagai spesies asli. Hukum konservasi utama di Australia adalah Perlindungan Lingkungan dan Konservasi Keanekaragaman Hayati Undang-Undang 1999 (EPBC Act).   Taman Nasional dan Margasatwa UU 1.974 adalah contoh hukum konservasi di negara bagian Australia Selatan , di mana itu legal untuk menjaga ( hanya) satu sugar glider tanpa izin, asalkan itu diperoleh secara sah dari sumber dengan izin. Izin A diperlukan untuk memperoleh atau memiliki lebih dari satu glider, atau jika seseorang ingin menjual atau memberikan setiap glider yang mereka miliki. Ini adalah ilegal untuk menangkap atau menjual sugar glider liar tanpa izin.


Klasifikasi Ilmiah

Kerajaan    :  Animalia
Filum         : Chordata
Kelas         : Mamalia
Infraclass   : Marsupialia
Order         : Diprotodontia
Keluarga    : Petauridae
Genus        : Petaurus
Spesies      : P. breviceps
*sumber WiKipedia




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar